Rabu, 28 Desember 2011

LAPORAN MALANG POS


Kunjungan saya ke Malang Pos pada hari Jum’at tanggal 9 desember 2011 kemarin adalah kunjungan kedua setelah sebelumnya saya bersama teman-teman berkunjung terlebih dahulu ke Radar Malang.
Saat kami berada di Malang Pos, saya bersama bapak Khoirul Anwar beserta teman-teman langsung memasuki sebuah ruangan. Disana kami mendengarakan penjelasan dari orang yang sudah banyak berjasa dalam memajukan Malang Pos ini tentang jurnalistik dan kemediaan.
Beliau menjelaskan tentang awal berdirinya Malang Pos yaitu pada tahun 1998 hingga sekarang, berarti sekitar 13 tahun Malang Pos itu berdiri. Mengenai Pers dan  koran itu sendiri berdiri melalui sebuah badan hukum. Dan dari salah satu teman saya pun mengajukan pertanyaan mengenai bagaimana malang pos ini agar bisa lebih berkembang?   Dan Beliau menjawab bahwa Malang Pos ini lebih kosentrasi pada bidang-bidang lokal khususnya malang raya dan sekitarnya, misalnya meliput tentang tim sepak bola yang sudah fenomenal di Malang itu sendiri yaitu AREMA, meliput tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di kota Malang, dan meliput mengenai kondisi cuaca ataupun yang lainnya. Di dalam media koran juga terdapat kelompok koran lingkup daerah (community newspaper) yang berjalan sesuai dengan ekonomi daerah tersebut.
Di Malang pos ini memberikan kebebasan kepada para karyawan yang masih kuliah, akan tetapi dibatasi pula untuk secepatnya menyelesaikan perkuliahannya secara tepat waktu. Setelah menderngarkan berbagai penjelasan tentang jurnalistik dan kemediaan tersebut saya bersama teman-teman mendapatkan kesempatan untuk melihat ke ruangan tempat pengeditan pembuatan koran, dan penulisan koran yang dilakukan oleh para wartawan. Dan akhirnya kami beranjak dari Malang Pos untuk segera pulang.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar