Kamis, 29 Desember 2011

Artikel


PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan sitematis dalam mengembangkan potensi peserta didik. Sedangkan budaya adalah keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, dan keyakinan (belief) manusia yang dihasilkan masyarakat. Namun Karakter itu sendiri merupakan Watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang  terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak.
Sehingga pendidikan budaya dan karakter bangsa merupakan suatu usaha sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik agar mampu melakukan proses internalisasi, menghayati nilai-nilai menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat, dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, serta mengembangkan kehidupan bangsa yang bermartabat.
Namun pada zaman yang semakin modern dan berkembang pada saat ini budaya dan karakter bangsa seakan luntur akan adanya teknologi yang serba canggih dan budaya dari luar. Oleh karena itu dalam mengajarkan pendidikan pada saat ini sebaiknya diikuti dengan nilai-nilai moral yang diharapkan dapat mengimbangi antara budaya dan karakter dengan adanya teknologi yang masuk ke dalam bangsa (negeri) ini.
Tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa yaitu:
1.      Mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan warga negara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
2.      Mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius.
3.      Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik.
4.      Mengembangkan kemampuan peserta didik.
5.      Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah.
Dengan demikian pendidikan budaya dan karakter bangsa perlu ditanamkan kepada peserta didik agar dapat berperilaku yang terpuji dan berakhlakul karimah berdasarkan nilai-nilai moral yang sesuai dengan tradisi dan budaya bangsa yang religius.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar